Jumat, 20 Mei 2011

islam itu indah

Islam

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Islam (Arab: al-islām, الإسلام  "berserah diri kepada Tuhan")dalah agama yang mengimani satu Tuhan, yaitu Allah. Dengan lebih dari satu seperempat miliar orang pengikut di seluruh dunia,[1][2] menjadikan Islam sebagai agama terbesar kedua di dunia setelah agama Kristen. Islam memiliki arti "penyerahan", atau penyerahan diri sepenuhnya kepada Tuhan (Arab: الله, Allāh) Pengikut ajaran Islam dikenal dengan sebutan Muslim yang berarti "seorang yang tunduk kepada Tuhan", atau lebih lengkapnya adalah Muslimin bagi laki-laki dan Muslimat bagi perempuan. Islam mengajarkan bahwa Allah menurunkan firman-Nya kepada manusia melalui para nabi dan rasul utusan-Nya, dan meyakini dengan sungguh-sungguh bahwa Muhammad adalah nabi dan rosul terakhir yang diutus ke dunia oleh Allah.

Secara etimologis Islam berasal dari kata :
"Aslama" yang berarti selamat sentosa, "Salama" yang berarti memelihara diri dalam keadaan selamat sentosa, dan "Assalam" yaitu selamat, tunduk patuh, taat, kasih sayang, berserah diri, dan total kepada Allah.

kata Islam diambil dari penciptaan-Nya yaitu dari Asmaul Husna, 99 nama Allah. Jadi nama Islam diambil dari Allah itu sendiri. Lihat surat Al-Hasyr : 23

Berikut adalah ayat-ayat yang berkaitan dengan wajibnya memeluk agama Islam :
  • Lihat surat Al-Baqarah : 132  "janganlah kamu mati kecuali dalam memeluk Islam"
  • Lihat surat Ali Imran : 137  "telah berlaku sebelum kamu sunah Allah (hukuman bagi yang mendustakan Rosul)"
  • Lihat surat Yusuf : 101  "wafatkanlah aku dalam keadaan Islam bersama orang-orang yang sholeh"
  • Lihat surat An-Nahl :29-31  "datanglah sebagai seorang muslim"
  • Lihat surat Al-Hajj : 78  "ikuti agama Ibrahim, Allah menamaimu "muslim"
kesimpulannya Islam adalah agama yang dibawa para nabi dan Rosul secara estafet dari Allah. Islam mempunyai sifat universal dan Rahmatan Lil 'Alamin dan inilah yang disebut visi Islam secara umum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar